16 November 2015

Penemu Teleskop, Fungsi dan Jenis-jenis Teleskop

Sahabat pembaca harianmobil.com pada kesempatan kali ini admin, akan  mencoba membahasa mengenai siapakah penemu teleskop dan cara kerja teleskop. Sebelum admin memaparkan cara kerja teleskop alangkah baiknya kita mengetahui apa itu teleskop, karena bisa jadi diantara sahabat pembaca ada yang belum mengenal dan mengetahui apa itu teleskop.

Teleskop adalah adalah alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang sangat jauh seperti gunung dan bintang agar tampak lebih dekat dan jelas. Teleskop merupakan alat paling penting dalam pengamatan astronomi. Jenis teleskop (biasanya optik) yang dipakai untuk maksud bukan astronomis antara lain adalah transit, monokular, binokular, lensa kamera, atau keker. Teleskop memperbesar ukuran sudut benda, dan juga kecerahannya.

Galileo adalah penemu teleskop, ia berhasil membuat teleskop untuk pengamatan astronomi pada tahun 1609. Teleskopnya yang paling besar berukuran panjang 120cm dan diameter lensa objektifnya 5cm. Teleskop Galileo dirancang untuk menghasilkan bayangan tegak. Galileo menggunakan peralatan sederhananya untuk menjelajahi lembah-lembah di bulan, fase-fase Planet Venus, serta empat satelit terbesarnya. Sementara itu, Newton menciptakan teleskop refleksi pada tahun 1668. Newton adalah orang pertama yang mengamati satelit-satelit yang sedang mengitari Jupiter. Newton juga menggunakan teori-teori gravitasinya untuk menerangkan mengapa planet beredar mengelilingi Matahari. Untuk teropong yang ditemukan oleh Galileo disebut dengan teropong panggung. Teropong jenis ini kerap juga dikenal dengan sebutan teropong Belanda atau teropong tonil. Teropong ini mampu memberikan bayangan akhir yang tegak serta memperbesar obyek. Caranya dengan memamnfaatkan dua buah lensa, yaitu lensa positif yang berfungsi sebagai lensa obyektif dan lensa negatif yang menjadi lensa okuler.
Fungsi Teleskop
Teleskop sering digunakan dan kita temukan dalam bidang astronomi. Fungsi utama Teleskop ini adalah untuk melihat benda yang jaraknya sangat jauh. Teleskop mengandalkan cermin sebagai pembentukan gambar yang akan diterima oleh mata.
Jenis-jenis teleskop
Sebuah teleskop optik adalah teleskop yang bekerja mengumpulkan cahaya atau memfokuskan cahaya terutama dari spektum cahaya tampak dari spektrum elektromagnetik. Ada tiga jenis optik utama:
  1. Teleskop pembiasan yang menggunakan lensa untuk membentuk sebuah gambar.
  2. Teleskop pemantulan yang menggunakan susunan cermin untuk membentuk sebuah gambar.
  3. Teleskop Catadioptric yang menggunakan cermin dikombinasikan dengan lensa untuk membentuk sebuah gambar.
Itulas sekilas Pembahasan mengenai Teleskop Semoga Bermanfaat Buat Para Sahabat pembaca semuanya.

Share : Penemu Teleskop, Fungsi dan Jenis-jenis Teleskop

Related Posts

Penemu Teleskop, Fungsi dan Jenis-jenis Teleskop
4/ 5
Oleh

0 komentar : Penemu Teleskop, Fungsi dan Jenis-jenis Teleskop

0 komentar : Penemu Teleskop, Fungsi dan Jenis-jenis Teleskop

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel di atas, sebagai pengunjung yang bijak silahkan berkomentar yang baik dan benar.

1. Jangan malu untuk menyertakan pendapat.
2. Terimakasih jika sahabat sudah berkomentar dengan baik.