18 November 2015

Pengertian Listrik dan Cara Listrik Mengalir

Pengertian Listrik - Listrik adalah suatu muatan yang terdiri dari muatan positif dan muatan negatif yang ditimbulkan oleh adanya pergesekan ataupun melalui sebuah proses kimia dimana hasil dari proses kimia tersebut bisa digunakan untuk kemudian menghasilkan panas, cahaya, atau bahkan bisa dimanfaatkan untuk menggerakkan sebuah mesin.  
 Ada banyak hal yang berkaitan dengan listrik diantaranya :
  1. Arus listrik adalah banyaknya muatan listrik yang disebabkan dari pergerakan elektron-elektron, mengalir melalui suatu titik dalam sirkuit listrik tiap satuan waktu. Arus listrik dapat diukur dalam satuan couloumb/detik atau  Ampere
  2. Tegangan listik yaitu perbedaan potensial listrik antara dua titik dalam rangkaian listrik, dan dinyatakan dalam satuan volt.
  3. Daya Listrik, adalah banyaknya jumlah tenaga listrik yang dibutuhkan per-satuan waktu. Satuan Daya Listrik adalah Watt.
  4. Hambatan listrik adalah perbandingan antara tegangan listrik dari suatu komponen elektronik (misalnya resistor ) dengan arus listrik yang melewatinya. Hambatan listrik yang mempunyai satuan Ohm. yang dapat dirumuskan dengan   
  5. Energi Listrik Adalah Tenaga Listrik yang digunakan pada waktu tertentu. Satuan Energi Listrik adalah Joule ( J ).
  6. Kejutan Lisrtik Adalah gejala terjadinya aliran arus Listrik melalu tubuh dengan magnituda tertentu yang dapat memberikan efek-efek yang membahayakan atau mencidrai.
  7. Gaya gerak listrik (GGL) adalah besarnya energi listrik yang berubah menjadi energi bukan listrik atau sebaliknya, jika satu satuan muatan melalui sumber itu, atau kerja yang dilakukan sumber arus persatuan muatan yang dinyatakan dalam Volt.
  8. Medan Listrik Merupakan ruan-ruang yang berada di sekitar muatan Listrik dimana pada muatan tersebut diuji dengan cara di letakan pada ruang medan tersebut maka akan mengalami gaya Listrik.
  9. Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki suatu benda, yang membuatnya mengalami gaya pada benda lain yang berdekatan dan juga memiliki muatan listrik. Simbol Q sering digunakan untuk menggambarkan muatan. Sistem Satuan Internasional dari satuan Q adalah coulomb, yang merupakan 6.24 x 1018 muatan dasar.Satuan Muatan Listrik adalah Coulumb.
Bagaimanakah Mesin ListrikBekerja



Mesin listrik akan bekerja ketika arus listrik merambat melalui salah satu kabel di dekat medan magnet pada motor listrik. Arus listrik akan mengeluarkan gaya yang akan menggerakan atau memutar dinamo. Dinamo mulai bergerak pada saat arus listrik dengan cepat sehingga kutub magnent berubah arah. Ini akan mendorong gulungan kawat untuk membuat gerakan setengan balikkan lainnya.


Proses ini akan terus beerulang dengan cepat dan membuat dinamo bergerak. Ketiak sebuah dinamo bergerak dari satu arah langsung, komutator akan membalikkan arus itu sehinga gulungan kawat yang ada di dalam dinamo menjadi berputar. Gerakan ini yang dapat digunakan untuk menjalankan sejumlah mesin.


Bagaimanakah Baterai Bekerja?

Baterai menghasilkan listrik dengan cara mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Energi klimia diubah menjadi panas, kemudian diubah menjadi arus listrik. Sebuah baterai mengandung dua konduktor yang berbeda, yang biasa disebut elektroda.

Elektroda-elektroda dipisahkan oleh cairan penghubung atau pasta, atau dikenal dengan nama elektrolit. Zat-zat yang terdapat dalam baterai bereaksi secara kimia dan menghasilkan arus listrik. Sebagai hasildari ativitas kimiawi, muatan positif baterai terbentuk pada salah satu elektroda. Muatan positif ini mengalir melalui sebuah konduktor ke elektrodsa yang bermuatan negatif.



Thomas A. Edison adalah orang yang pertama kali menemukan lampu listrik pada tahun 1879. Lampu listrik mulai menggantikan lampu gas sebagai alat penerangan sejak abad ke-19. Edison berhasil menciptakan lampu dengan filamen dari bahan benang karbon pada tahun 1879. Lampu itu dapat menyala terang selama dua hari.


Lampu Edison pun mulai dijual. Lampu yang pertama kali dijual dibuat pada bulan Mei 1880. Lampu itu dipasang di atas kapal uap Columbia.

Itulah beberepa penjelasan mengenai Listrik yang bisa kami tulis pada artikel kali ini. semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda sekalian.

Share : Pengertian Listrik dan Cara Listrik Mengalir

Related Posts

Pengertian Listrik dan Cara Listrik Mengalir
4/ 5
Oleh

0 komentar : Pengertian Listrik dan Cara Listrik Mengalir

0 komentar : Pengertian Listrik dan Cara Listrik Mengalir

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel di atas, sebagai pengunjung yang bijak silahkan berkomentar yang baik dan benar.

1. Jangan malu untuk menyertakan pendapat.
2. Terimakasih jika sahabat sudah berkomentar dengan baik.