19 November 2015

Unsur Periodik dan Tabel Periodik

Apakah Unsur Periodik Itu?
Di alam ini terdapat 92 jenis unsur murni, sementara itu para ilmuwan di laboratorium membuat lebih banyak unsur lainnya. Unsur-unsur buatan ini adalah radioaktif dan mereka dapat lebih cepat kehilangan keradioaktifnya.

Beberapa dari unsur-unsur ini bahkan hanya dapat muncul dalam beberapa detik saja. Unsur-unsur baru dibuat dengan cara memborbardir unsur-unsur lain di dalam sebuah reaktor atom. Di alam ini, Hidrogen adalah unsur teringan dan uranium adalah unsur terberat.

Apakah Tabel Periodik Itu?
Tabel periodik adalah daftar dari semua unsur alami. Pada tabel periodik, unsur-unsur yang memiliki sifat yang sama disatukan dalam kelompok tertentu. Nomor atom akan menunjukan jumlah proton yang dimiliki oleh atom tertentu. Unsur-unsur yang memiliki jumlah elektron yang sama dibagian luar kumpulan elektronnya, dikelompokan secara bersama pada tabel.

Kelompok-kelompok tersebut di antaranya unsur hidrogen, alkali, dan alkali tanah. Selain itu terdapat unsur transisi dan logam lainnya, unsur non logam dan semi logam, unsur gas mulia non logam, serta deretlaktanida dan aktinida. Lebih Jelasnya bisa melihat susunan di bawah ini :
Tabel Periodik Unsur
Tabel Periodik Unsur
 Jumlah periode dalam sistem periodik ada 7 dan diberi tanda dengan angka:
  1. Periode 1 disebut sebagai periode sangat pendek dan berisi 2 unsur
  2. Periode 2 disebut sebagai periode pendek dan berisi 8 unsur
  3. Periode 3 disebut sebagai periode pendek dan berisi 8 unsur
  4. Periode 4 disebut sebagai periode panjang dan berisi 18 unsur
  5. Periode 5 disebut sebagai periode panjang dan berisi 18 unsur
  6. Periode 6 disebut sebagai periode sangat panjang dan berisi 32 unsur, pada periode ini terdapat unsur Lantanida yaitu unsur nomor 58 sampai nomor 71 dan diletakkan pada bagian bawah
  7. Periode 7 disebut sebagai periode belum lengkap karena mungkin akan bertambah lagi jumlah unsur yang menempatinya, sampai saat ini berisi 24 unsur. Pada periode ini terdapat deretan unsur yang disebut Aktinida, yaitu unsur bernomor 90 sampai nomor 103 dan diletakkan pada bagian bawah.
Jumlah golongan dalam sistem periodik ada 8 dan ditandai dengan angka Romawi. Ada dua golongan besar, yaitu golongan A (golongan utama) dan golongan B (golongan transisi). Golongan B terletak antara golongan IIA dan golongan IIIA.

Nama-nama golongan pada unsur golongan A
  1. Golongan IA disebut golongan alkali
  2. Golongan IIA disebut golongan alkali tanah
  3. Golongan IIIA disebut golonga boron
  4. Golongan IVA disebut golongan karbon
  5. Golongan VA disebut golongan nitrogen
  6. Golongan VIA disebut golongan oksigen
  7. Golongan VIIA disebut golongan halogen
  8. Golongan VIIIA disebut golongan gas mulia
Pada periode 6 golongan IIIB terdapat 14 unsur yang sangat mirip sifatnya, yaitu unsur-unsur lantanida. Pada periode 7 juga berlaku hal yang sama dan disebut unsur-unsur aktinida. Kedua seri unsur ini disebut unsur-unsur transisi dalam.

Unsur-unsur lantanida dan aktinida termasuk golongan IIIB, dimasukkan dalam satu
golongan karena mempunyai sifat yang sangat mirip.

Share : Unsur Periodik dan Tabel Periodik

Related Posts

Unsur Periodik dan Tabel Periodik
4/ 5
Oleh

0 komentar : Unsur Periodik dan Tabel Periodik

0 komentar : Unsur Periodik dan Tabel Periodik

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel di atas, sebagai pengunjung yang bijak silahkan berkomentar yang baik dan benar.

1. Jangan malu untuk menyertakan pendapat.
2. Terimakasih jika sahabat sudah berkomentar dengan baik.