16 Maret 2016

Tips Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Baik dan Benar

Tips Cara Membersihkan Radiator Mobil  - harianmobil.com pada kesempatan ini akan membagikan tips Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Baik dan Benar. Berbicara tentang Radiator, tentunya para pengguna mobil pastinya sudah mengetahui apa itu radiator. Radiator adalah alat penukar panas yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya yang tujuannya untuk mendinginkan maupun memanaskan. 

Radiator yang kita kenal pada umumnya digunakan pada kendaraan mobil, namun saat ini sepeda motor yang memerlukan pendinginan ekstra juga sudah ada yang menggunakan radiator. Kebanyakan baik motor atau mobil radiator pada umumnya terletak di depan dan berada didekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi system pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin. radiator terdiri dari tangki air bagian atas (upper tank), tangki bagian bawah (lower water tank) dan radiator core pada bagian tengahnya. Itulah beberapa penjelasan mengenai Radiator, dan sekarang tiba saatnya kami untuk  berbagi Tips membersihkan Radiator, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari mobil over heat atau terlalu panas, yang nantinya akan berpengaruh pada kinerja mesin menjadi tidak optimal. 
radiator
Baiiklah Berikut ini adalah Tips Membersihkan Radiator agar kendaraan anda bisa optimal :
  1. Sebelum kita membersihkan mobil, Pastikan mesin mobil sudah dalam keadaan dingin.
  2. Setalah itu, buka kran untuk membuang air pada radiator yang posisinya ada di area bawah. Apabila tidak ada buka selang radiator bagian bawa supaya proses pembuangan air radiator lancar.
  3. Bersihkan slang yang menuju ke arah mesin mobil, caranya dengan membuka slangnya dan semprotkan air ke dalam slang tersebut sampai bersih.
  4. Tutup kembali slang yang melewati mesin tadi kemudian bersihkan radiator dengan cara memasukan air ke dalam radiator sampai air yang keluar dari radiator benar-benar bersih.
  5. Setelah air dalam radiator bersih Hidupkan mesin untuk membuang air yang masih tersisa ketika penunjuk temperatur pada dashboard menunjukan suhu normal atau 1/2
  6. Setelah sisa air dalam radiator sudah habis matikan mesin mobil kembali
  7. Tutup kembali lubang pembuangan dan pasang kembali slang radiator yang menuju mesin
  8.  Isi Radiator dengan air dan campuran Coolant hingga penuh.
  9.  Nyalakan mesin untuk sirkulasi air dan buka kembali tutup radiator dan cek kondisi air radiator, apabila berkurang. maka tambahkan kembali cairan coolant secukupnya dan tutup kembali radiator dengan benar.
  10. Bersihakan Radiator secara rutin minimal setiap 6 bulan sekali untuk hasil yang maksimal.
Itulah beberapa langkah membersihkan radiator mobil. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk para pembaca semuanya.

Share : Tips Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Baik dan Benar

Related Posts

Tips Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh

0 komentar : Tips Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Baik dan Benar

0 komentar : Tips Cara Membersihkan Radiator Mobil yang Baik dan Benar

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel di atas, sebagai pengunjung yang bijak silahkan berkomentar yang baik dan benar.

1. Jangan malu untuk menyertakan pendapat.
2. Terimakasih jika sahabat sudah berkomentar dengan baik.