08 Desember 2016

Cara Memeriksa Kerusakan dan Memperbaiki Wiper

Cara memeriksa kerusakan dan memperbaiki wiper - Wiper (penghapus kaca) adalah sangat penting dipakai di sebuah kendaraan, karena erat hubungannya dengan keselamatan. Jadi, Wiper berfungsi menyapu (menyeka) kaca dari air hujan,lumpur dan segala kotoran. Wiper dikombinasikan dengan Washer untuk menyemprotkan cairan pembersih sehingga kerja dari Wiper lebih ringan dan cepat bersih. Dan wiper mempunyai komponen : motor wiper, Tuas wiper, lengan wiper, wiper blade. Fungsi dari windshield wiper adalah salah satu aksesoris kendaraan yang penting dimana komponen ini menjamin pandangan pengemudi depan atau belakang kendaraan tidak terhalang oleh air hujan, debu, dan kotoran lainnya dengan cara disapu oleh pelantara berupa komponen penyapu yaitu wiper blade.


  
Berikut ini cara Pemeriksaan terhadap penyebab kerusakan dan perbaikan wiper
  1. Periksalah keadaan sekering, kalau ditemukan putus maka gantilah dengan yang baru.
  2. Apakah hubungan antara poros wiper dan batang penggerak putus? Pasang kunci kontak penyalaan tetapi mesin jangan dijalankan, Dengarkanlah apakah motornya berjalan atau bekerja, Jika bergerak maka kesalahan terletak antara poros dan batang penggeraknya.
  3. Apakah motor penggeraknya rusak? Jika pada point diatas tidak bekerja maka motor penggerak rusak, maka dapat dibongkar dan diperiksa di mana letak kerusakannya.
  1. Lepas unit motor penghapus kaca dari dudukannya.
  2. Periksa sambungan kabel-kabelnya dari kemungkin kotor, longggar atau terkupas.
  3. Bongkar unit motor penghapus kaca
  4. Periksa roda-roda giginya dari keausan, kotor, atau terbakar. Roda gigi yang kotor dapat mengakibatkan wiper menjadi macet.
  5. Periksa keadaan tombol pengggerak penghapus kaca
  6. Periksa keadaan sambungan lengan penggerak penghapus kaca. Ji8ka berat untuk di gerakkan maka berin pelumas secukupnya.
  7. Periksa karet penghapurnya. Jika karetnya sudah terlalu aus, segeralah ganti dengan yang baru. Karena penghapus yang aus sekali tidak akan berfungsi dengan baik.
  8. Periksa keadaan sikat, tegangan pegas dan melekatnya solderan pada sikat.
  9. Periksa kekendoran dan kemungkinan terbakarnya titik kontak.
  10. Periksakeausan dan keretakan dari gigi roda gigi penggerak.
  11. Periksa keadaan komotatornya. Jika sangat kotor kama dibersihkan
  12. Rakit bagian-bagian yang telah dibongkae dengan teliti. Yang harus diperhatikan pada waktu merakit kembali adalah Berilah grease pada ppermukaan gigi pada roda gigi penggerak dan titik kontak, dan tepatkan tanda-tanda khusus yang ada pada motor tsb
  13. Periksa kerja motor penghapus kaca dengan menghubungakan terminal-terminal baterai.
  14. Jika motor penggerak masih berfungsi dengan baik, pasang pada dudukanya dan rangkaian dengan semua komponen penghapus kaca
  15. Ukur tinggi kedudukan posisi stop karet penghapuus kaca terhadap dasar kaca. Samakanlah ukurannya untuk penghapuskaca kiri dan kanan.
  16. Periksa tekanan karet penghapus kaca apakah cukup kuat atau bahkan terlalu kuat
  17. Periksa tinggi penyemprotan air maksimum dengan mengarahkan lubang nosel keatas. Jika penyemprotan kurang tinggi cari sebab-sebabnya dan lakukan perbikan.
  18. Periksa jumlah air yang disemprotkan apakah cukup banyak atau kurang.
  19. Atur arah penyemprotan air pada posisi yang tepat dengan mengarahkan lubang nosel menggunakan kawat atau penggores.
  20. Pastikan bahwa karet penghapus kaca bisa berhenti pada posisi yang benar. Sehingga tidak menghalangi pandangan pengemudi.
Wiper (penghapus kaca) adalah sangat penting dan erat hubungannya dengan segi keselamatan, karena wiper berguna untuk membersihkan kaca dari hujan, debu, salju, binatang -binatang kecil, sehingga sangat penting untuk keselamatan.

Share : Cara Memeriksa Kerusakan dan Memperbaiki Wiper

Related Posts

Cara Memeriksa Kerusakan dan Memperbaiki Wiper
4/ 5
Oleh

0 komentar : Cara Memeriksa Kerusakan dan Memperbaiki Wiper

0 komentar : Cara Memeriksa Kerusakan dan Memperbaiki Wiper

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel di atas, sebagai pengunjung yang bijak silahkan berkomentar yang baik dan benar.

1. Jangan malu untuk menyertakan pendapat.
2. Terimakasih jika sahabat sudah berkomentar dengan baik.