29 August 2017

Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas

Kini membeli mobil semakin mudah. Pilihan yang semakin beragam juga memberi kesempatan pada para pembeli untuk menemukan mobil impiannya. Tak hanya mobil baru saja, mobil bekas juga telah menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang ingin membeli mobil tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Namun antara beli mobil bekas dari showroom dan perorangan, manakah yang lebih baik? Mungkin Anda juga pernah mengalami kebingungan yang sama. Tak tahu harus berangkat darimana dan mana sebaiknya yang harus dipilih. Agar tidak salah pilih, sangat penting bagi para calon pembeli untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan dari masing-masing pilihan. Dan untuk lebih jelasnya, berikut kami rangkum keduanya.

Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas
Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas dari Showroom

Sama halnya dengan showroom mobil baru, showroom mobil bekas juga menjadi tempat berkumpulnya beragam koleksi mobil. Hanya saja dalam konteks ini mobil yang dijual memang lebih spesifik pada mobil-mobil bekas. Selain itu showroom mobil bekas juga biasa dijadikan sebagai tempat bekas.
Kondisi mobil bekas yang ada juga cukup beragam. Ada yang masih terlihat baik, ada juga yang sudah mengalami kerusakan di beberapa sisi. Namun terlepas dari itu semua, showroom mobil bekas memang memberikan kemudahan yang nyata untuk para calon pembelinya. Bagi Anda yang hendak membeli mobil bekas, Anda mungkin tertarik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan membeli mobil di showroom mobil.

Kelebihan Beli Mobil Bekas di Showroom

Sebenarnya showroom mobil bekas masih terbagi lagi menjadi dua, yakni showroom resmi dan partikelir. Keduanya memiliki perbedaan yang sangat fundamental yang terletak pada jenis mobil yang dimiliki dan layanan purna jualnya. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan menjabarkan keunggulan beli mobil di showroom mobil bekas dari kedua sisi.
  1. Pilihan yang lebih beragam. Banyaknya pilihan yang tersedia di showroom mobil bekas memang memberikan kemudahan kepada calon pembelinya, khususnya untuk melihat dan memeriksa beragam jenis mobil bekas yang tersedia. Namun untuk showroom mobil resmi, biasanya mobil yang tersedia memang lebih spesifik ke satu merk saja. Karena itu meski ada banyak model yang tersedia, semuanya berasal dari satu merk yang sama. Namun untuk showroom mobil partikelir, showroom ini tidak terbatas hanya pada satu merk saja.
  2. Bisa kredit mobil bekas. Keunggulan lain dari beli mobil di showroom adalah tersedianya pilihan kredit. Jadi jika tidak dapat membeli secara tunai, pembeli bisa mengambil opsi kredit ini.
  3. Ada garansi. Sebenarnya untuk yang satu ini tergantung pada jenis showroomnya. Untuk showroom mobil resmi, garansi ini memang tersedia. Namun untuk showroom partikelir, umumnya resiko ditanggung oleh pembeli.

Kekurangan Beli Mobil Bekas di Showroom

Kekurangan showroom mobil bekas umumnya tak lepas dari harga yang ditawarkannya. Namun untuk lebih lengkapnya, berikut kekurangan beli mobil bekas di showroom.
  1. Harga lebih mahal. Sama halnya dengan beli mobil baru, beli mobil bekas di showroom juga memiliki kesamaan dalam urusan harga. Meski harga mobil bekas memang lebih mudah dari mobil baru, namun jika dibandingkan dengan beli mobil dari perseorangan harganya jelas lebih tinggi. Ini juga karena ada biaya-biaya lain yang harus ditanggung oleh pihak showroom.
  2. Terbatas pada lokasi. Jika ingin membeli mobil bekas di showroom, tentu Anda harus berkunjung ke showroom mobil tersebut. Anda tidak memiliki banyak pilihan untuk yang satu ini.
  3. Penuh trik. Satu tips beli mobil di showroom mobil bekas yang harus selalu Anda pegang adalah kehati-hatian. Ini karena banyak showroom mobil bekas yang melakukan trik agar mobilnya terlihat bagus di luar. Namun saat menilik ke sisi yang lebih dalam, tidak sedikit masalah yang ternyata disembunyikan.

Beli Mobil Bekas dari Perorangan

Dengan semakin maraknya e-marketplace C2C, beli mobil bekas dari perorangan kini menjadi semakin populer dan mudah. Dan sesuai dengan namanya, aktivitas jual beli mobil ini memang melibatkan antara dua individu tanpa ada keterlibatan perantara atau berada di bawah organsasi bisnis tertentu. Tentu ada kelebihan dan kekurangan dari membeli mobil bekas yang satu ini. Untuk itu pastikan Anda mencermatinya sebelum mulai bertransaksi.

Kelebihan Beli Mobil Bekas dari Perorangan

Membeli mobil bekas dari perorangan memiliki beberapa kelebihan yang tidak dapat ditemukan pada showroom mobil bekas. Kelebihan-kelebihan tersebut diantaranya adalah:
  1. Lebih jujur dengan apa yang dijual. Penjual perorangan biasanya lebih jujur dalam urusan ini. Mereka tidak akan melakukan banyak rekondisi untuk menutupi kekurangan dari mobil yang dijualnya. Karena itu memeriksa mobil bekas yang dijual secara perorangan biasanya juga lebih mudah. Di sini tidak banyak trik yang digunakan oleh pihak penjual untuk memikat calon pembeli.
  2. Harga relatif lebih murah. Penjual perorangan biasanya menjual mobil bukan semata-mata untuk mencari keuntungan. Mereka lebih sering menjual mobil karena memang sedang butuh dana atau karena sudah memiliki mobil baru. Karena itu untuk urusan harga, biasanya penjual perorangan menawarkan harga yang lebih rendah dari showroom mobil.
  3. Lokasi transaksi lebih fleksibel. Membeli mobil bekas melalui perorangan biasanya tidak kaku dalam urusan lokasi transaksi. Lokasi ini biasanya diputuskan dari kesepakatan antara pihak penjual dan pembeli. Bahkan jika pihak penjual tidak keberatan, Anda bisa memintanya untuk bertransaki di dekat tempat tinggal Anda.

Kekurangan Beli Mobil Bekas dari Perorangan

Dari segala kelebihan yang ada, beli mobil bekas dari perorangan memang tak lepas dari beberapa kekurangan. Beberapa kekurangan tersebut antara lain:
  1. Tidak ada garansi. Ya, membeli mobil bekas dari perorangan memang tidak dilengkapi dengan garansi. Meski demikian, hal ini juga sangat tergantung pada kesepakatan antara kedua belah pihak. Terkadang pembeli bisa meminta garansi kepada pihak penjual, khususnya menyangkut masalah-malasah yang serius. Namun tentu saja, garansi yang diberikan biasanya juga sangat terbatas. Bahkan tidak banyak penjual perorangan yang berani memberikan garansi lebih dari 1 minggu.
  2. Harus lebih jeli. Ini masih menyangkut poin pertama tadi. Karena tidak ada garansi yang diberikan, Anda harus lebih jeli dalam memeriksa kondisi mobil. Sebaiknya periksa setiap bagian mobil mulai dari sisi bagian luar, sisi interior hingga performanya. Pengecekan tidak boleh berhenti hanya pada pengamatan saja. Ada baiknya Anda mencoba mengendarai mobil tersebut agar mengetahui bagaimana performa mobil dan sensasi berkendara yang diberikannya. Satu tips beli mobil yang bisa Anda pakai dalam kondisi ini adalah selalu ajak teman yang lebih mengerti mobil. Dengan demikian, Anda bisa memperoleh nasehat darinya sebelum mengambil keputusan.

Kesimpulan

Beli mobil bekas baik dari showroom mobil maupun perorangan sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap pilihan biasanya lebih superior di beberapa aspek namun lemah di aspek yang lain. Jika harga adalah concern utama Anda, ada baiknya membeli mobil dari perorangan. Namun jika Anda membutuhkan jaminan yang lebih baik, showroom mobil bekas bisa jadi pilihan yang lebih baik. Apapun pilihannya, pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan concern yang Anda miliki. Jangan lupa untuk selalu teliti dalam memilih mobil bekas. Karena bagaimanapun juga, Anda pasti berharap dapat menggunakan mobil tersebut untuk jangka waktu yang cukup panjang bukan?

Share : Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas

Related Posts

Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas
4/ 5
Oleh

0 komentar : Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas

0 komentar : Keunggulan Membeli Mobil Baru Atau Mobil Bekas

Silahkan berkomentar sesuai dengan artikel di atas, sebagai pengunjung yang bijak silahkan berkomentar yang baik dan benar.

1. Jangan malu untuk menyertakan pendapat.
2. Terimakasih jika sahabat sudah berkomentar dengan baik.