Pengertian dan Cara Kerja Compact Disc

Pengertian dan Cara Kerja Compact Disc – Compact disc adalah piringan bulat tipis yang berguna untuk menyimpan rekaman musik, data komputer, atau informasi lainnnya dalam bentuk kode digital. Piringan yang digunakan untuk menyimpan data, yaitu CD audio, dapat berputar dengan alat yang dinamakan CD player. Piringan-piringan seperti ini terbuat dari plastik keras yang berlapiskan logam tipis dan hanya memiliki satu sisi yang dapat diputar. CD banyak sekali digunakan untuk membuat film dengan resolusi kecil atau sebagai media transmisi software-software aplikasi. CD memiliki kapasitas penyimpanan data 700 MB pada CD single layer. Dan menggunakan teknologi laser merah dengan panjang gelombang 700 nm (nano meter).Untuk letak penyimpanan berada pada layer bagian atas disc. CD sendiri secara fisik dibagi menjadi 2 yaitu :

Contoh Ads 2

Pengertian dan Cara Kerja Compact Disc

  1. CD dengan diameter 120 mm dapat menyimpan audio selama 80 menit.
  2. CD dengan diameter 60-80 mm dapat menyimpan audio selama 24 menit.

Pengertian dan Cara Kerja Compact Disc

Lapisan tipis aluminium yang digunakan di permukaan untuk menimbulkan refleksi, lapisan ini dilindungi oleh sebuah film pernis yang diputar langsung ke lapisan reflektif. Logam ini dilindungi oleh sebuah film data di dalam CD disimpan dalam rangkaian lekukan kecil yang disebut pits. Pengkodean berlangsung di dalam lintasan spiral ke luar di lapisan polikarbonat, daerah antara pits disebut dengan lands. Setiap pits memiliki kedalaman sebesar 100nm dan luas sekitar 500nm dan bervariasi dari 850nm sampai 3,5 μm untuk panjangnya. Jarak antara track, antara pits, adalah 1,6 μm.

Pengertian dan Cara Kerja Compact Disc

Selama proses perekaman, mokrofon mengubah gelombang suara menjadi sinyal-siyal listrik. Selanjutnya, sebuah alat pengubah analog ke digital membagi sinyal-sinyal itu menjadi 44.100 segmen, yang disebut sampel-sampel, untuk tiap detik suara.

Ketika CD berputar di dlam sebuah CD player, seberkas sinar laser akan menembus lapisan plastik pada bagian bawah piringan, dasn mengikuti celah-celah melingkar pada piringan itu.

Pengertian dan Cara Kerja Compact Disc

Lapisan logam pada piringan memantulkan sinar laser. Intensitas pantilan berubah-ubah saat sinar masuk dan keluar dari suatu lubang. Sebuah komponen pada alat pemutar CD kemudian mengubah sinar pantulan yang berubah-ubah itu menjadi sinyal listrik, yang selanjutnya digunakan untuk menghasilkan suara.

Contoh Ads 1
cara kerja disc