Sejarah Pesawat Ulang Alik dan Cara Kerja Pesawat Ulang Alik

Sejarah Pesawat Ulang Alik – Pesawat ulang-alik adalah pesawat luar angkasa yang digunakan dalam misi penerbangan luar angkasa berawak. Pesawat ulang alik – tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya – badan utama pesawat ulang-alik dapat digunakan kembali di lain waktu. Pesawat jenis ini hanya dimiliki oleh NASA, badan antariksa Amerika, dalam beberapa jenis.

Contoh Ads 2

 

Sejarah Pesawat Ulang Alik dan Cara Kerja Pesawat Ulang Alik

Modul pesawat, terbang secara vertikal dan biasanya membawa tiga sampai lima astronot (walaupun pernah mengangkut 8 astronot dan masih cukup sampai 11 astronot dalam keadaan darurat) dan muatan sampai seberat 50.000 lb, 22.700 kg menuju orbit rendah bumi (thermosfer). Pesawat ulang-alik dirancang sebagai kendaraan pengangkut dan peluncur satelit, serta aktivitas lain yang harus dilakukan di luar angkasa. Pesawat ulang-alik adalah sebuah pesawat besar yang diperlengkapi dengan mesin-mesin roket pendorong berkekuatan besar.

pesawat

 

Sejarah Pesawat Ulang Alik dan Cara Kerja Pesawat Ulang Alik

Sejarah Pesawat Ulang Alik

Pesawat ulang-alik yang pertama adalah Enterprise, yang sebenarnya merupakan wahana uji terbang. Pesawat berikutnya adalah Columbia, Challenger, Discovery dan Atlantis. Challenger telah hancur ketika proses peluncuran pada tahun 1986, dan akhirnya dibuat Endeavour sebagai penggantinya. Sedangkan Columbia hancur ketika proses memasuki atmosfer bumi pada tahun 2003.

 

Sejarah Pesawat Ulang Alik dan Cara Kerja Pesawat Ulang Alik

Bagian bagian Pesawat Ulang Alik

Bagian-bagian pesawat Ulang Alik / Orbiter dan fungsinya.

Lambung depan, berfungsi sebagai kabin awak dan peralatan kendali pesawat.
Lambung tengah, berfungsi sebagai ruang barang dan ruang roda pendaratan.
Lambung belakang, berfungsi penopang tiga mesin utama pesawat dan terdapat sirip di bawah mesin untuk mengubah sudut penerbangan
Sayap, berfungsi sebagai kendali manuver pesawat, baik pada saat terbang maupun mendarat
Ekor berfungsi sebagai sirip/daun kemudi pesawat.

 

Sejarah Pesawat Ulang Alik dan Cara Kerja Pesawat Ulang Alik

Cara Kerja Pesawat Ulang-Alik
Untuk membantu peluncuran pesawat ulang-alik ini, dua bauah roket pendorong berisi hujan bakar cai dipasang pada kedua sisinya. Sebuah tangki raksasa berisi bahan bakar pula dipasangkan pada bagian bawah perutnya. Roket-roket dasn tangki bahan bakar akan jatuh kembali ke permukaan Bumi setelah peluncuran dilakukan.

Pada orbit yang telah ditentukan sebelumnya, ruang angkut pesawat ulang-alik akan terbuka untuk meluncurkan satelit atau membuka jalan agar para awak pesawat dapat bekerja diluar angkasa. Untuk Lebih jelasnya berikut ini tahapan proses peluncuran pesawat Ulang Alik

 

Sejarah Pesawat Ulang Alik dan Cara Kerja Pesawat Ulang Alik

Mesin pendorong utama berbahan bakar cair dan roket pendorong berbahan bakar padat menyala secara bersamaan, sehingga membangitkan 31 juta newton tenaga untuk lepas landas
Sesudah beberapa menit (± 2 menit) ketika bahan bakar pada roket pendorong habis terbakar dan telah mencapai kecepatan lebih dari 4800 Km/jam, roket pendorong dilepas dari pesawat dan jatuh ke dalam samudra dengan parasut untuk diisi dan gunakan kembali, sedangkan tangki bahan bakar eksternal dilepas ketika akan memasuki lapisan Atmospir.
Sesudah pesawat melewati lapisan Atmospir, pesawat Ulang Alik menuju Orbitnya.
Sesudah misi selesai maka pesawat kembali ke bumi dan terbang layaknya pesawat supersonik.

Demikian uraian yang dapat kami sampaikan mengenai Pesawat Ulang Alik, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terimakasih.

Contoh Ads 1