Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

Apakah Struktur Atom Itu?
Struktur atom merupakan satuan dasar materi yang terdiri dari inti atom beserta awan elektron bermuatan negatif yang mengelilinginya.  Inti atom mengandung campuran proton yang bermuatan positif dan neutron yang bermuatan netral (terkecuali pada Hidrogen-1 yang tidak memiliki neutron). Elektron-elektron pada sebuah atom terikat pada inti atom oleh gaya elektromagnetik.

Contoh Ads 2

 

Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

Demikian pula sekumpulan atom dapat berikatan satu sama lainnya membentuk sebuah molekul. Atom yang mengandung jumlah proton dan elektron yang sama bersifat netral, sedangkan yang mengandung jumlah proton dan elektron yang berbeda bersifat positif atau negatif dan merupakan ion.

 

Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

 

Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

Atom dikelompokkan berdasarkan jumlah proton dan neutron pada inti atom tersebut. Jumlah proton pada atom menentukan unsur kimia atom tersebut, dan jumlah neutron menentukan isotop unsur tersebut.

 

Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

Niels Bohr adalah seorang ahli fisika dari Denmark yang mulai mengkaji struktur atom. Pada waktu itu, Ernest Rutherford belum lama menyatakan temuannya bahwa atom adalah miniatur yang terdiri dari inti padat yang dikelilingi oleh elektron-elektron yang sangat ringan. Ternyata, pemikiran Bohr menjadi sebuah lompatan besar. Penyempurnaan pada teori Rutherford, telah menjadikan teori atom cocok dengan bukti-bukti yang didapatkan dari berbagai eksperimen yang yang dilakukan oleh para fisikawan lain selama bertahun-tahun.
Memeang masih ada sedikit ketidak akuratan yang harus dibenahi oleh para ahli fisika lainnya pada beberapa tahun berikutnya, tetapi inti dari gagasan yang dikemukakan terbukti benar.

 

Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

Bagaimanakah Terjadinya Pembelahan Atom?
Ernest Rutherford berhasil mengkaji beberapa macam bentuk radiasi, dan mengungkap bahwa elemen-elemen yang mengalami perubahan disebabkan peluruhan radioaktif.
Rutherford mencoba menguungkap inti atom. Tahun 1919 dia akhirnya berhasil membelah atom untuk pertama kalinya.

Setelah dibelah, atom digambarkannya sebagai bendas yang sangat kecil terdiri dari inti atom yang padat dan bermuatan positif, serta benda-benda ringan bermuatan negatif yang disebut elektron. Pada sebuah atom, hampir seluruh massa atom terkonsentrasi pada inti atom. Sedangkan elektron-elektron bergerak mengitari atom pada jarak tertentu.
Ada Apakah di Dalam Atom Itu?

Ketika sejumlah uranium dengan massa yang cukup digabungkan, reaksi pembelahan atom dimulai. Pencaran netron yang berhamburan bertambah banyak sehingga sejumlah energi yang sangat besar terlepas dalam waktu yang sangat singkat. Inilah yang akhirnya menghasilkan ledakan atom.

 

Struktur Atom dan Terjadinya Pembelahan Atom

Bom-bom hidrogen mengandung bom atom pada intinya. Tetapi, inti atom dikelilingi oleh lapisan dari bahan yang sangat ringan. Dengan menggunakan lapisan yang dilepaskan dari pembelahan inti uranium atau plutonium, lapisan bahan itu daspat melangsungkan suatu reaksi fusi seperti yang terjadi pada pusat matahari. Rekasi fusi nuklir ini mengeluarkan energi panas yang lebih besar daripada sebuah ledakan yang berasal dari reaksi pembelahan atau radioaktivitas yang tinggi.

Contoh Ads 1